KANJENG RATU KIDUL, PENGUASA LAUT SELATAN




                                                   LUKISAN KANJENG RATU KIDUL

KANJENG RATU KIDUL adalah sesosok jin dan ratu jin di pantai selatan jawa timur. beliau merupakan penguasa jin di paantai selatan. dikatakan banyak orang KANJENG RATU KIDUL adalah sosok yang menyeramkan.Beliau adalah jin yang paling sakti di jawa.
mereka yang bilang beliau menyeramkan sebenarnya tidak tahu siapa sebenarnya beliau.
beliau sebenarnya sifatnya baik, beliau juga digambarkan dengan wanita cantik memakai pakaian yang serba hijau.dikatakan orang-orang beliau dapat memberikan pesugihan,.Beliau juga punya istana gaib di tengah laut Jawa Timur yang disebut Bale Agung Sekodomas. kalau anda kesana anda harus berbuat yang sopan dan baik kalau berbuat macam-macam anda akan menanggung sendiri akibatnya, dan ingat tidak boleh memakai pakaian yang berwarna hijau. Setap malam jumat kliwon terdengar suara gamelan jawa dari tengah laut di Jawa Timur dan banyak jin prajurit beliau yang bersosok seperti manusia,bahkan ada yang tidak memiliki kepala yang datang dari tengah laut ke pesisir pantai untuk menjaga pesisir pantai dari orang yang jahat. Masyarakat nelayan pantai selatan Jawa setiap tahun melakukan sedekah laut sebagai persembahan kepada sang Ratu agar menjaga keselamatan para nelayan dan membantu perbaikan penghasilan . Sebagian besar para wisatawan yang berkunjung baik itu lokal maupun manca negara datang ke Pelabuhan Ratu karena keindahan panoramanya sekaligus tradisi ritual ini. Disaat-saat tertentu banyak acara ritual yang sering digelar penduduk setempat sebagai rasa terima kasih mereka terhadap sang penguasa laut selatan.Pemilik hotel yang berada di pantai selatan Jawa dan Bali menyediakan ruang khusus bagi Sang Ratu. Yang terkenal adalah Kamar 327 dan 2401 di Hotel Grand Bali Beach. Kamar 327 adalah satu-satunya kamar yang tidak terbakar pada peristiwa kebakaran besar Januari 1993. Setelah pemugaran, Kamar 327 dan 2401 selalu dirawat, diberi hiasan ruangan dengan warna hijau, diberi suguhan (sesaji) setiap hari, namun tidak untuk dihuni dan khusus dipersembahkan bagi Ratu Kidul. Hal yang sama juga dilakukan di Hotel Samudra Beach di Pelabuhan Ratu. Kamar 308 disiapkan khusus bagi Ratu Kidul. Di dalam ruangan ini terpajang beberapa lukisan Kanjeng Ratu Kidul karya pelukis Basoeki Abdullah. Di Yogyakarta, Hotel Queen of The South di dekat Parangtritis mereservasi Kamar 33 bagi Sang Kanjeng Ratu pasukan beliau tinggal di Gunung Kidul Yogyakarta..
Begitu saktinya beliau, (KATANYA) beliau yang membelah/memisahkan antara pulau Bali dengan pulau Jawa pada jaman dulu. makanya, jangan ngomong macam-macam tentang beliau, nanti terjadi kejadian sama seperti di aceh pada tahun 2004
Kita sebagai manusia hendaknya menghormati semua makhluk hidup yang ada di dunia ini, jangan kita menjelek-jelekan apapun di dunia ini karena mereka tidak sempurna,  begitu juga kita, kita juga tidak sempurna

agus adhi mahasantika

Artikel Terkait Lainnya :



45 comments:

  1. Mas ...
    penggolongan Kanjeng Ratu Kidul (KRK)itu Jin didasarkan apa ?
    Kata Pak Guru Agama pernah bilang, manusia dari tanah, setan dari api dan malaikat dari cahaya. Lha kalau KRK dari api apa ndak padam apinya...?
    Kalau KRK memang ada berarti bukan dari salah satunya itu, karena dia bukan setan juga bukan manusia dan juga bukan malaikat. Lantas siapa ? dan dari apa ?
    Pak Guru bercerita lagi, katanya waktu manusia dibentuk dari tanah ditiupkan sukma (roh suci), jadi KRK bisa digolongkan sebagai roh suci atau sukma, karena tidak termasuk dalam ketiga asal tadi tanah, api dan cahaya.
    Dan kata KRK memang begitu, dia adalah sukma (roh suci).

    ReplyDelete
    Replies
    1. malaikat diciptakan dari cahaya
      iblis diciptakan dari api
      ada api pasti ada cahaya
      ada cahaya pasti ada api

      manusia diciptakan dari tanah
      dikatakan manusia karena berjasad tanah makanya kalau mati jasadnya dikembalikan ke tanah,, yang mati jasadnya/lahirnya bukan roh/batinya
      manusia terdiri dari lahir dan bathin
      kalau lahir/jasad manusia dikembalikan ke tanah,,
      bathin/sukma nya dinamakan ........????
      sukma yang jahat/bersifat jelek/buruk namanya iblis yg selalu terbakar api amarah
      sukma yang baik/bersih suci/tanpa dosa dinamakan malaikat seperti cahaya yang menerangi kehidupan
      sukma yang setengah baik dan setengah buruk dinamakan jin

      Delete
    2. GK USAH BINGUNG KANG BROWWWWW
      AKU JELASIN DEH,,,,,,,,,,,,,,
      SPERTI YG DI TULIS DLM KITAB TUHAN KU;
      MALAIKAT TERCIPTA DR CAHAYA
      SYAITAN TERCIPTA DR API
      MANUSIA TERCIPTA DR TANAH LIAT
      & JIN TERCIPTA DR SSUATU YG GAK BISA DI LIHAT OLEH BANGSA MANUSIA, YAIYU ANGIN,,,
      MAKANYA MANUSIA GK BISA LIHAT JIN, KARNA MEREKA GK BISA MELIHAT ANGIN KANG BROWWWWWWW,,,,,,,,,

      Delete
  2. Dia adalah Jin...!...Dan menurut Islam...jin itu memang ada dan diciptakan oleh Allah Azza Wa Jalla untuk menyembah kepada-Nya...Dia memang baik...tetapi kalau lagi senewen...yah begitulah...seperti halnya umumnya wanita...walaupun dia tidak seperti umumnya wanita biasa...cantik...suka menolong...setia...tutur lakunya indah...yah namanya juga ratu...ningrat banget...tetapi saya kurang setuju kalau dibuat untuk pesugihan...hanya memberi pertolongan bagi yg membutuhkan dan penghinaan bagi orang yang menyekutukan-Nya...jadi yah harus benar-benar dipahami...Dia diemong oleh mbah semar...dan mbah semar adalah ulama dari bangsa jin...jadi Kidul/Setyaning Tyas adalah muslimah...atau wanita muslim...dan kita sama-sama belajar menjadi muslim yang benar...semoga diridhlai oleh-Nya... Amiieennn....

    ReplyDelete
    Replies
    1. manusia diciptakan dari tanah
      herdi pramudito kamu sekarang hidup kamu sekarang dari golongan manusia yg berjasad tanah,,,
      kalau jasad kamu mati dan dikembalikan ke tanah akhirnya roh herdi pramudito tergolong dari golongan siapa......???
      setelah kamu mati kamu tidak bisa dikatakan dari golongan manusia karena kamu tidak memakai jasad dari tanah

      Delete
  3. Herdi Pramudhito => ini dia sodara kita main klaim saja....mas brow tolong baca babad tanah JAWA..siapa itu SEMAR/MBAH SEMAR....Ini dia klo sudah labelnya islam...suka sekali main klaim dan main isu-isu kebesaran islam, suka banget membodohi masyarakat..! jika cuma main klaim tanpa mengetahui sejarah...atau baru dengar dari "kata" si anu...mending gak usah komentar!

    ReplyDelete
  4. kanjeng ratu kidul adalah ratu pantai selatan beliau adalah salah satu penyebar agama Islam sifatnya baik konon katanya pada masa hidupnya beliau adalah anak dari prabu siliwangi yang menguasai pantai selatan

    nyi roro kidul adalah nyi blorong adalah anak kanjeng ratu kidul yg sifatnya buruk


    sesajen/sesaji/saji/sajian artinya jamuan atau suguhan untuk tamu,,
    roh suci tidak butuh makanan atau minuman,,, dia selalu berpuasa seperti kita disaat romadhon yg ingin mensucikan diri agar meraih kemenangan dan kembali ke fitrah,,,
    iblis atau syaitan selalu mengganggu manusia makanya kita harus menjadi orang pintar/SDM tinggi/normal agar bisa membedakan antara :
    - malaikat
    - iblis
    - golongan jin/roh(tidak nyata) dan golongan
    manusia(nyata)

    ReplyDelete
  5. kanjeng ratu kidul bukanlah jin atau yang seperti anda tulis diatas, yang anda maksut diatas adalah nyirorokidul siluman ular yang memberikan pesugihan dll, namun kanjeng ratu kidul jauh yang seperti anda katakan di atas, tolong lebih dipahami lagi antara kanjeng ratu kidul dan nyi roro kidul

    ReplyDelete
  6. ee.... mbuh wong sama-sama tidak tahu ya semua bisa menafsirkan sesuka udelnya. mari jadikan kanjeng ratu kidul sebagai khasanah budaya selebihnya mari merintis jalan dunia nyata (ngulir budi)untuk kesejahteraan bangsa

    ReplyDelete
  7. Itu lah klo kita kurAng mempelajari ilmu agama dengan benar dan baik

    ReplyDelete
  8. ribut ajah! kanjeng ratu kidul yg ada dceritamu berbeda dgn ceritaku. . . . .

    ReplyDelete
  9. tidur...
    ngok..ngok...ngok...

    ReplyDelete
  10. Saya sangat tertarik dengan lagenda ratu tersebut....walaupun saya bukan orang jawa....

    ReplyDelete
  11. woalaaaaaaaahh rebutan balung apus...

    ReplyDelete
  12. koyo' ngerti-ngertio.pating pecotot.beliaunya ketawa-ketiwi baca tulisan-tulisan di atas. makasi banyak dari beliaunya,bagi yang menyediakan ajang untuk saling berkhayal.tetap dalam rengkuhan jaring budaya jawa, sampai tiba saatnya sang putra, pangeran adil muncul dari keterasingannya.
    salam dari MBAHE

    ReplyDelete
  13. mari kita kembalikan semuanya kepada yang maha tahu, Alloh S.W.t
    sharing yg bgz

    ReplyDelete
  14. If u never see or meet her, pls dont talk as if u did!!!!!!!!!COZ U DONT KNOW NOTHING AND GOT NO IDEA WHAT U R TALKING ABOUT!!!!!!!

    ReplyDelete
  15. Asallolleeeee.......
    cuma katanya......
    Katanya...katanya.....katanya....
    qqqqqqqqq
    Katanya juga ada ratu kidul..
    Mbox ratu kidul...
    Nyi roro kidul....
    itu semua ada di abdul jumud

    ReplyDelete
  16. LHA AWAKMU ANONYMOUS KOK DADI SRIMULAT AWAKMU KOYONE RODO PETHOK

    ReplyDelete
  17. Sama pada gak ngertinya jadi silahkan saja berspekulasi akan KRK. Soal asal kejadian manusia, batang tubuhnya dari Adam, ruhnya dari Nur Muhammad. Adam bapak tubuh, Muhammad bapak ruh. Tapi tanah dari air, air dari angin, angin dari api, api dari Nur Muhammad juga. Akhirnya hakikatul insan itu dari Nur Muhammad juga esensinya. Sedangkan esensi seluruh semesta termasuk jin dan iblis juga dari Nur Muhammad. Karena semuanya dipandang sebagai Nur maka binasalah diri/ego maka tampaklah siapa sejatinya Tuhan. Inilah maksud dari "barangsiapa mengenal jati dirinya maka mengenal siapa sesungguhnya Tuhan". Tapi ini juga kata para pinisepuh termasuk para Nabi. Kita jangan menerima begitu saja....masuklah ke dalam diri dan saksikan sendiri. Jangan membahas KRK, itu alam jin, naik lagi ke alam malakut...terus....

    ReplyDelete
  18. Waduh pada ribut nih... Argument sampe emosi2 an hati2 bpk2 kolestrol naik darah tinggi ke kepala loh
    Pak Anymous hati2 biar panjang umur.
    Banyak tarik napas kkkjkkkkkk

    ReplyDelete
  19. Jgn la hal itu mnjd suatu prdebatan yg ga baik,,yg akan memutus tali silatuhrahim.."Tuntut la ilmu sampai ke liang kubur" mari kita brtanya kpd orng yg ahli agama sesuai dgn bidang ny masing2,yg semua itu ga akan keluar dari aqidah ny,yaitu alquran dan hadis..krn ilmu la kt bs masuk syurga,dan krn ilmu pl kt bs masuk neraka,..ma kasih plend.

    ReplyDelete
  20. ya gak papa kita debat to yg kita debatkan ratune penipu jd biar gak tambah byk korbane

    ReplyDelete
  21. hati2 ngger kowe ketemu karo krsk deweke nduweni sifat kurang becik

    ReplyDelete
  22. hadehw, aq seng moco wae sampe mnda2k kolesterole munggah, lha pean podho isik urip po wes kenek'an strok? kaet maeng kok mung engkel2an koyo toh tau mbabu neng nggone Kanjeng Nyai wae, sota alias sok tau

    ReplyDelete
  23. Tempate iku nex daerah ngendi nuw asline ki.

    ReplyDelete
  24. Tempate iku nex daerah ngendi nuw asline ki.

    ReplyDelete
  25. Yang jelas nyi roro kidul sama kanjeng ratu kidul itu berbeda.

    ReplyDelete
  26. Ingin tau yang benar ? Tanyakan pada yang menciptakan-Nya.

    ReplyDelete
  27. sampurasun,,,,kok pda ribut to,,,itu semua kn rahasia allah swt,,,misal alif lammim,,yassiin,,,itu kn artinya g ad alias rhasia allah swt,,,ngpo dributin,,klo mau tau y belajar donx,,,,
    pkoknha aku bangga mnjadi warga indonesia dg berbagai sku bngsangnya,,hidup indonesia

    ReplyDelete
  28. sampurasun,,,,kok pda ribut to,,,itu semua kn rahasia allah swt,,,misal alif lammim,,yassiin,,,itu kn artinya g ad alias rhasia allah swt,,,ngpo dributin,,klo mau tau y belajar donx,,,,
    pkoknha aku bangga mnjadi warga indonesia dg berbagai sku bngsangnya,,hidup indonesia

    ReplyDelete
  29. Kanjeng Ratu Kidul ( Ratu Laut Selatan ) iku mung dongeng tegese mung crita khayalan, nanging disebut uga mithos, sebab gegandhengan karo makhluk gaib. Kasunyatane ya embuh awit nyatane mithos mau wis ana sadurunge zaman agama. Wong Jawa sadurunge ana tulisan lan isih bodho duwe kapercayan yen kabeh kang tumitah ana panguasane ( gunung, kali, alas, lemah/ bumi, sawah, angin, banyu, kalebu uga segara ). Paguasa iku mau disebut Nini=Ni, Nyai=Nyi ( wadon ), utawa Kiai=Ki ( lanang ). Ki/Kiai iku kanggo sebutaning ratu panguasaning bumi/jagat utawa keraton kang ana ing bumi/daratan ( kraton kang ora katon/gaib). Gandheng durung ngerti agama, mula anggone menehi jeneng ya padha karo jeneng asline mung di tambah Kiai=Ki ( lanang ) utawa Nyai=Nyi, Nini=Ni ( wadon ). Upamane ; Segara Kidul ya panguasane Nyi Segara Kidul = Nyi Rara Kidul. Nyai = Wanita kang wus krama. Rara = pakurmatan kanggo wanita ningrat ( bangsawan dalam bahasa Indonesia ). Kiai= Ki Merapi paguasane Gunung Merapi. Wis ora susah di penggalih. Kang precaya sukur, ora ya wis. Pokoke utamaake kepentingane negara, lan bangsa.

    ReplyDelete
  30. Pada.intinnya cuma alloj yg tau..jika memanh beliau pernah ada ditanah jawa ini
    Sama sama kita.doakan semoga semuanya baik baik saja.


    .

    S

    ReplyDelete
  31. jangan memberikan rekaan2 komentar kalau tidak tau dan pernah olah rohani dgn jam terbang tinggi dr dimensi semua alam ciptaan illahi , lebih baik satu komentar ; allahu akhbar ' maka dr itu semua komentar yg hanya dr katanya / sumber2 yg sifatnya mentah dan tafsiran sebelum dibaca orang lain yg memberikan pengaruh kesalahan maka undurkan sebelum menulis hapuslah kalau terlanjur maka anda akan terhindar dr kesalahan yg ditanggung banyak orang yg baca , allah hanya membuka sedikit ttg kegoiban

    ReplyDelete
  32. Legenda memang sulit diungkap
    Hanya Allah yg maha mengetahui sgala sesuatu...

    ReplyDelete
  33. Legenda memang sulit diungkap
    Hanya Allah yg maha mengetahui sgala sesuatu....

    ReplyDelete
  34. Sampurasun, nderek nimbrung, Rahayu untuk semua, kalo belum ngerti dan blm mengalaminya, komen nya yang santun to, jangan saling merasa kecap no.1. Beliau menyesuaikan dengan siapa bertemu dan berbicara. Beliau hanya mau ber silahturahmi sama : orang yang bodoh tapi tidak keminter,; orang yang punya tata kromo lan undah-unduh,;orang jenis apa aja yang bisa menghormati dan saling menghargai ke-ada-annya masing tanpa memandang agama,aliran, suku. Rahayu, rampess

    ReplyDelete
  35. Pikiren Utangmu... ngomong lek gk nok maknae ra sah dowo2.... pikiren uripmu mbi kluargamu ae boz....

    ReplyDelete
  36. Ketika lucifer di buang di jatuhkan ke bumi dia mnggeret sprtiga anak buahnya yaitu malaikat2 yg lain ktika jatuh ada yg jatuh di laut sungai ato di awang awang di hutan ahirnya dia mnjadi pnguasa tmpat tmpat itu n pnguasa laut selatan salah satunya.biarkn aja kbradaan mrka gkda urusanya ma kita dia sndiri biar brtnggung jwb ke pnciptanya yg jd urusan kita fokus prjalanan hdp kita hdp cma smntara di dunia jd bgmn saat kita pulang kpd kekelan kita brkenan di hadapan Tuhan.(jaga hati)yg pnting bentengi kita dng keimanan disamping unt perlindungan terus mnerus kita kejar trs mncari Tuhan shngga kita mndapat arti hakikat hidup sbnarnya

    ReplyDelete